Kamis, 16 Desember 2010

Rangkuman Sistem Komputer



Nama        : Silvica Dewi Iriandani
NIM          : 30310103
Kelas        : PCA-10-01




RINGKASAN SISTEM KOMPUTER


1.   Pengertian Storage Beserta Fungsinya
Storage merupakan suatu media penyimpanan data baik dalam jangka waktu pendek maupun dalam waktu yang panjang.
  2.       Metode Pemetaan Dalam Storage
          Ada dua macam aturan pemetaan, yaitu:

a.    CLV (Constant Linear Velocity):
kepadatan bit tiap track sama, semakin jauh sebuah track dari tengah disk, maka semakin besar jaraknya, dan juga semakin banyak yang dimilikinya. Digunakan pada CD-ROM dan DVDROM. Di dalam CLV, saat head dari suatu storage device bergerak ke bagian track yang lebih dalam, kecepatan rotasi akan bertambah.
Karakteristik :
·         Kecepatan Rotasi tetap (Constant RPM )
·         Ukuran Block tetap
·         Jumlah sektor tetap
Implikasi :
·      Sederhana dalam pengalamatan dan pengawasan
·      Kepadatan bit pada lintasan ( track) semakin keluar semakin berkurang
·      Umumnya digunakan pada sistem terdahulu yaitu disk magnetik
·      Kurang cocok untuk disk kapasitas besar


b.    CAV (Constant Angular Velocity):
 kepadatan bit dari zona terdalam ke zona terluar semakin berkurang, kecepatan rotasi konstan, sehingga aliran data pun konstan. Digunakan pada Hard Disk. Di dalam CAV, saat head dari suatu storage device bergerak ke bagian track yang lebih dalam, kecepatan rotasi akan tetap dipertahankan.
      Karakteristik :
·      Lintasan (track) tidak konsentris. 
·      Lintasan berupa spiral).
·      Kepadatan tiap track tetap
     Implikasi :
·         Penggunaan disk efisien

3.   Cara Kerja, Pembacaan, dan Penulisan pada:
a.    Floppy Disk
b.    Hard Disk
c.    DVD
Jawab:
a.    Floppy Disk
·         Memiliki suatu alat untuk membaca dan menulis yang dikenal dengan nama side.
·         Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama.
·         Penulisan pada floppy disk  menggunakan array satu dimensi logical block yang besar.
·         Cara penggunaan, harus memasukkanya kedalam Floppy Drive. Ketika Floppy Disk betul-betul masuk, ia akan terletak di tempat yang dapat membolehkannya untuk berputar (di dalam Floppy Drive). Ketika Floppy Disk berputar, kemudian "read/write head" yang ada di dalam Floppy Drive akan membaca data yang ada di dalam Floppy Disk tersebut.
b.    Hard Disk
 Untuk membaca data perlu beberapa proses perekaman.
Drive memposisikan bagian pembaca dari head di atas track yang sesuai, dan kemudian menunggu sector yang tepat untuk berputar di atasnya.
Saat spektrum magnetik tertentu yang mewakili data kita pada sector dan track yang tepat berada tepat di atas head pembaca, komponen elektronik drive mendeteksi perubahan kecil pada medan magnet dan mengubahnya menjadi bit. Setelah drive tersebut selesai mengecek eror pada bit dan membetulkannya jika perlu. Kemudian mengirimkan data tersebut pada sistem operasi.

c.    DVD
·         DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih,yang disebut dengan Recordable DVD
·         Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVDROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan.
·         Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc, tetapi memerlukan jenis disc yang berbeda untuk melakukan pembacaan.
·         Di dalam drive writer data yang akan disimpan dalam cd diurai menjadi angka 0 dan 1, lalu oleh laser dituliskan ke lapisan cd dengan cara membakar lapisan tersebut,disebut burn. Lapisan yang telah ditandai oleh laser mempunyai kerapatan tertentu untukan dibaca oleh drive atau media cd lainnya yang mempunyai panjang gelombang tertentu dalam hal ini warna merah karena laser yang digunakan menggunakan laser merah atau gelombang berwarna merah, yang diterjemahkan oleh alat tersebut data yang kita simpan, disebut  reflektor, oleh karena cd/dvd selalu mengkilat karena biar mudah dibaca oleh laser pembacanya, walaupun udah ada cd warna hitam atau lainnya, tetep aja oleh drive cd/dvd dianggap berwarna merah reflektornya. kecuali BD dan HD yang warna lasernya biru sehingga kapasitasnya lebih besar karena data yang disimpan mempunyai kerapatan yang lebih kecil dari laser merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar