Rabu, 20 Oktober 2010

Jurnal 2 Sistem Komputer "Alur Komunikasi dalam Motherboard, Pengertian dan Fungsi BIOS, Tipe dan Vendor BIOS "



Nama        : Silvica Dewi Iriandani
Kelas         : PCA 10-01
NIM            : 30310103

JURNAL 2
SISTEM KOMPUTER

1.  Jelaskan alur komunikasi pada motherboard beserta gambar

 

·        Northbridge
Northbridge memiliki peran khusus yang sangat penting dalam suatu sistem motherboard. Northbridge adalah bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge.
Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller (pengendali video terintegrasi).
Northbridge juga berperan menentukan jumlah, type dan kecepatan CPU yang dapat dipasangkan pada motherboard, termasuk menentukan jumlah, kecepatan dan type RAM yang dapat digunakan. Setiap jenis chipset, kebanyakan dirancang hanya untuk mendukung seri prosesor tertentu saja, dengan jumlah RAM yang dapat dipasangkan bervariasi bergantung type prosesor dan desain motherboardnya sendiri.

·        Southbridge
Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.
Southbridge berhubungan dengan pheriperal, memalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge. Pada beberapa chipset modern, southbridge sebenarnya mengandung (memuat) pheripheral yang terintegrasi pada chip, seperti ethernet, USB, dan audio.

·        Perbedaannya adalah:

Northbridge hanya menjembatani arus data di sekitar processor, RAM, FSB, AGP, dan power management
Southbridge mengatur kerja pheriperal. Seperti IDE Controller, PCI, ROM Bios, keyboard, mouse, USB, Eth., LAN, dll.

2.  Jelaskan pengertian BIOS beserta fungsinya
Pengertian:
BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, . BIOS (Basic Input / Output System) adalah sebuah chip yang memiliki kode perangkat lunak untuk beroperasi ketika sistem komputer pertama dihidupkan BIOS menyediakan  antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard) .

Beberapa fungsi BIOS adalah sebagai berikut:
·         Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
·         Memuat dan menjalankan sistem operasi
·         .Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
·         Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
·         Mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang berhubungan pada kompute.
·         Salah satu fungsi utama BIOS adalah komputer akan langsung melakukan berbagai tugas sebelum masuk ke dalam sistem operasi,
·         BIOS juga berfungsi sebagai pengatur sistem . Seperti fitur manajemen daya, pengaturan overclocking yang memungkinkan Anda untuk mengubah frekuensi CPU untuk memaksimalkan performa yang dikehendaki dari sistem dan sejumlah fungsi lain.

3.  Jelaskan tipe-tipe BIOS dan vendornya (analisa)

Vendor BIOS:
·         Award Software
 Award BIOS, Award Modular BIOS, dan  Award Medallion BIOS
·         Phoenix Technologies
Phoenix BIOS, Phoenix-Award BIOS
·         American Megatrends Incorporated (AMI)
AMI BIOS, dan AMI  WinBIOS.
·         Microids Research
·         Para OEM (Original Equipment Manufacturer),
Hewlett-  Packard/Compaq, IBM/Lenovo, Dell Computer, dan OEM-OEM lainnya.

Tipe BIOS:
·         GUI
·         Non GUI
Jadi perbedaan antara vendor dan tipe BIOSadalah kalau BIOS ada beberapa jenis BIOS sedangkan vendor penyalur suatu perangkat baik hardware maupun software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar